Senin, 25 Mei 2015

MENJADI BERKAT BAGI SUKU BANGSA

Yeremia 1:4-8
Adalah tidak mudah bagi seorang Yeremia untuk menjadi nabi pada zaman tersebut. Ia bukan keturunan nabi, melainkan keturunan imam (ay. 1). Ia juga belum fasih berbicara sebab masih muda (ay.6) serta Ia harus memperingatkan bangsaNya akan penghukuman Tuhan di tiga zaman pemerintahan raja dimana tidak semua raja tersebut takut akan Tuhan. Tetapi Tuhan memanggil Yeremia ditengah segala keterbatasan yang dimilikinya untuk menjadi alatNya bagi bangsa Yehuda. Tuhan berkata bahwa Ia telah mengenal Yeremia sejak dari dalam kandungan dan telah menguduskannya serta menetapkannya menjadi nabi bagi bangsa-bangsa (ay.5). Yeremia juga harus pergi kemana saja Tuhan mengutus dan tidak perlu takut karena Ia akan menyertai (ay.7-8).

Sebagai staf WaVI, kita menyadari ada banyak keterbatasan kita. Ada beberapa suku bangsa di wilayah Indonesia, yang Tuhan anugerahkan kepada WaVi untuk dilayani. Tidak semua orang mudah untuk menyesuaikan diri dengan kebiasaan-kebiasaan dan kebudayaan masyarakat setempat. Penulis menyadari benar bahwa setiap staf harus mencoba beradaptasi sedemikian rupa ketika Tuhan tempatkan di setiap wilayah layanan. Tetapi Tuhan memanggil setiap staf untuk menjadi berkat bagi suku-suku bangsa di Indonesia bahkan mungkin bangsa lain karena IA mengasihi semua suku bangsa. Dengan segala keterbatasan kita, Ia berjanji akan menyertai kita.
Sewaktu memasukkan lowongan kerja, penulis yang berasal dari pulau Sulawesi ini tidak pernah membayangkan akan ditempatkan untuk melayani di daerah Kalimantan Barat. Staf lainnya ada juga yang berasal dari Surabaya, Kupang, Jakarta, Medan, Bandung, dll tetapi Allah telah memanggil kami untuk menjadi berkat bagi kota ini.
Bersyukur untuk bagian Firman Tuhan yang menguatkan dan meneguhkan sehingga penulis mengambil keputusan untuk menjadi staf WaVI. Ia mengenal, menguduskan, menetapkan, memerintahkan dan juga akan menyertai penulis bersama seluruh staf mengerjakan pelayanan ini karena IA adalah ALLAH atas seluruh suku-suku bangsa.

Setiap kata perintah dalam firmanNya, selalu diikuti dengan kata penyertaanNya. Sehingga, dimanapun Anda melayani, peganglah janji penyertaanNya sebab Ia adalah setia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar