Senin, 23 September 2013

bagi bangsa ini kami berdiri dan membawa doa kami kepada-Mu

Kutipan pidato Bung Karno di UI pada tanggal 07 Mei 1953:

"Kalau kita mendirikan negara berdasarkan Islam, banyak daerah yang penduduknya bukan Muslim seperti Maluku, Bali, Flores, Timor, Kepulauan Kei, dan Sulawesi, akan memisahkan diri. 
Dan Irian Barat yang belum menjadi bagian wilayah Indonesia, tidak ingin menjadi bagian Republik. Bukan satu, bukan tiga, bukan ratusan, tapi ribuan orang Kristen gugur dalam perjuangan mempertahankan kemerdekaan. 
Apa yang diinginkan dari harapan umat Kristen? Haruskah kita tidak menghargai pengorbanan mereka? Harapan mereka bersama-sama menjadi anggota dari rakyat Indonesia yang merdeka dan bersatu. Jangan pakai kata-kata "minoritas", jangan sekalipun!
Umat Kristen tak ingin disebut "minoritas". kita tidak ingin berjuang untuk menyebutnya minoritas. Orang Kristen berkata: "Kami tidak berjuang untuk anak kami disebut minoritas. Apakah itu yang kalian inginkan? Apa yang diinginkan setiap org adalah menjadi warga negara dari NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA. 
Itu sama dengan saya, ulama, dengan anak-anak muda, dengan para pejabat, setiap orang tanpa kecuali: setiap orang ingin menjadi warga negara REPUBLIK INDONESIA, setiap orang, tanpa memandang minoritas atau mayoritas."

Ini berarti bahwa orang Kristen merupakan bagian dari bangsa ini. Menjadi garam dan memancarkan terang dalam konteks kebangsaan kita. Sehingga lirik pujian ini mendarat di hati nurani orang Nasrani di bangsa ini agarTuhan dimuliakan:

Syukur untuk setiap rencana-mu
dan rancangan-Mu yang mulia
dalam satu tubuh kami bersatu
menjadi duta kerajaan-Mu
kuucapkan berkat atas indonesia
biar kemuliaan Tuhan akan nyata
Reff:
bagi bangsa ini kami berdiri
dan membawa doa kami kepada-Mu
sesuatu yang besar pasti terjadi
dan mengubahkan negeri kami
hanya nama-Mu Tuhan ditinggikan
atas seluruh bumi

Kami rindu melihat Indonesia
pulih dari semua problema
hidup dalam jalan kebenaran-Mu
pancarkan terang kemuliaan-Mu
Kami tahu hati-mu
ada di bangsa ini


Tidak ada komentar:

Posting Komentar